Tips Jadi SPG Rokok Reguler Agar Terlihat Profesional

Posted by wardy seo in Tips SPG

Tips Profesional Jadi SPG Rokok Reguler Agar Lebih Mudah

SPG Rokok Reguler

SPG adalah salah satu pekerjaan yang memiliki tugas utama dalam memasarkan produk. SPG atau Sales Promotion Girl ini memang didominasi oleh wanita cantik dari segi penampilan dan kecerdasan dalam menjelaskan produk. Biasanya SPG memiliki wajah indo, oriental, atau bule yang paling banyak dicari oleh perusahaan besar.

Hasil gambar untuk spg rokok

Tujuannya bukan lain untuk menarik hati customer. Umumnya SPG rokok reguler berbeda dengan SPG event pada umumnya. Jika kita telisik secara saksama, SPG rokok reguler membutuhkan jangkauan tempat yang lebih luas daripada SPG event. Tidak sedikit kita temukan di sepanjang jalan banyak SPG yang menawarkan rokok dengan seragam dari brand rokok tersebut. Itu mengapa SPG rokok banyak ditemukan di mana saja.

Menjadi seorang SPG rokok tidak semudah yang kita lihat. Banyak rintangan yang perlu dilalui oleh para sales. Mulai dari kerelaan berpanas-panasan, menahan kaki yang pegal karena high heels, hingga para customer yang jail menggoda mereka. Banyak SPG yang tidak kuat akan rintangan tersebut, apalagi jika ada customer yang melecehkannya. Namun SPG yang tegas dan profesional tentunya juga tidak kalah banyak.

Tips Profesional SPG Rokok

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya menjadi SPG rokok tidak serta merta harus cantik dan seksi. Banyak rintangan yang perlu Anda lalui untuk menjadi seorang SPG rokok. Meskipun demikian sampai saat ini banyak lho yang menginginkan ada di posisi SPG rokok. Bagi mereka menjadi SPG rokok adalah pekerjaan sampingan yang hasilnya cukup dinikmati untuk uang jajan.

Untuk mempertahankan jabatan ini, tentu Anda perlu mengasah mental pikiran dan batin terlebih dahulu. Untuk itu kami hadirkan berbagai tips profesional untuk menjadi seorang SPG rokok.

  1. Tebarkan senyum hindari mengeluh

Mungkin tips pertama ini berlaku untuk seluruh SPG. Namun untuk SPG rokok rasanya khusus untuk menerapkan ini. Pasalnya, SPG rokok perlu bersahabat dengan matahari, karena pasti banyak peluh yang menetes. Tidak hanya siang hari, terkadang para SPG juga dikirim ke tempat-tempat seperti diskotik, kafe, tempat billiard, dan sebagainya. Meskipun berbahaya SPG tetap harus menebar senyum dan tidak mengeluh. Hal tersebut juga sering disebut sebagai “risiko menjadi SPG”.

  1. Sopan dan tegas memperlakukan konsumen

Menjadi SPG berarti Anda siap menanggung risikonya. Banyak kasus yang menimpa SPG karena kenakalan customer. Itu juga menjadi alasan SPG rokok takut untuk menjalani aktivitas dalam memasarkan produknya. Namun, demi menjaga diri sebagai SPG Anda memiliki hak untuk membela diri.

Jika customer mulai mengeluarkan jurus rayu hingga mulai mengganggu ketenangan Anda, tolaklah secara sopan dan tegas. Jangan berikan ruang sedikit pun untuk customer yang dapat membahayakan diri Anda. Anda juga perlu memperlakukan konsumen sebagaimana mestinya sesuai prosedur penjualan. Jangan biarkan ada transaksi di luar penjualan produk.

  1. Memiliki wawasan yang luas

SPG yang memiliki wawasan luas akan terlihat dari cara ia menjelaskan produk yang dipasarkan. SPG seperti ini tentu banyak dipilih oleh konsumen untuk menambah keyakinan akan kegunaan produk. Adanya wawasan yang luas serta cara komunikasi yang lugas dan interaktif ini juga membuat SPG lebih dihargai dan dipandang, sehingga untuk merayu SPG pun akan lebih enggan.

Selain wawasan yang luas, SPG event yang pintar membawa diri juga dinilai memiliki kinerja lebih baik. Meskipun dianggap sering berpakaian seksi, sebagai customer ada baiknya tetap menghargai kinerja dari SPG rokok reguler. Jika Anda sebagai customer tidak tertarik untuk membeli produk, maka tolaklah secara sopan. Begitu juga dengan SPG jangan jadikan itu sebuah kegagalan dan sikapi kembali dengan senyum optimis.

Banyak orang yang memandang sebelah mata jabatan dari SPG ini. Padahal tentu saja pandangan itu salah kaprah. Justru wanita yang menjadi SPG adalah seseorang yang cerdas dalam memanfaatkan. SPG rokok bisa dijadikan kerjaan sampingan sebagai uang jajan. Tentu cara tersebut dianggap lebih mandiri dan tidak merepotkan orangtua bukan?

Menjadi SPG sendiri benar-benar tidak mudah. Harus kuat “tahan banting” berjalan mencari customer dengan high heels yang cukup tinggi. Jadi mulai sekarang stop memberikan argumen bahwa menjadi SPG rokok reguler hanya harus cantik dan seksi ya.

Tugas Sales Promotion Girl Reguler

Pada umumnya menjadi SPG reguler memiliki tugas dan fungsi yang sama. Hal yang membedakan adalah produk yang akan dijual. Agar lebih jelas, yuk kita simak apa saja tugas dari SPG reguler?

Pertama, membentuk kepercayaan pelanggan akan produk yang dijual. Hal itu sangat penting untuk digarisbawahi. Kepercayaan akan melahirkan suatu bentuk interaksi yang baik antara sales dan pelanggan. Itu juga tergantung cara sales untuk memengaruhi pikiran pelanggan. Jika berhasil, tentu saja pelanggan akan tertarik untuk membeli produk.

Kedua, menjawab pertanyaan dan melayani komplain dari pelanggan. Sudah semestinya sales untuk menjawab banyak pertanyaan dari pelanggan. Pelanggan tentu akan cerewet untuk mendapatkan informasi produk sampai puas. Belum lagi jika ada keluhan. Di sini SPG rokok juga diajarkan untuk bersabar.

Ketiga, menginformasikan produk dengan baik. Hal ini juga menjadi salah satu tips yang sudah kami jelaskan di atas. Menjadi seorang SPG rokok reguler juga harus cerdas untuk memberikan wawasan informasi mengenaik produk. Hindari cara penjelasan yang terbata-bata karena akan mengurangi kepercayaan pelanggan.

Selain ketiga tugas tersebut masih banyak lainnya. Ternyata menjadi SPG rokok reguler tidak semudah yang kita bayangkan bukan? Untuk itu, mulai sekarang ubah pola piker Anda terhadap kinerja SPG. Hargailah dan tolak penawarannya jika Anda tidak berminat membeli.

 

 

(Zakiah)

WhatsApp chat